Review Produk

Terapi ‘Capek’ dengan Menggambar

Satu bulan ini (atau lebih), banyak banget benang-benang di kepala yang engga jelas runutnya, kusut sana-sini. Hal-hal diluar rencana datangnya keroyokan, satunya belum selesai, yang lainnya minta diselesaikan. Walhasil, kebut-kebutan sampe pening.

Engga sekali dua kali sih sebenernya, ngadepin situasi kacau yang engga ke-planning begini. Tapi biasnya efek capek dari otak, tenaga dan emosi yang kerja rodi sewaktu menyelesaikan si tektek bengek ini, bisa sembuh dengan ngerjain sesuatu yang disukai, nonton drakor misalnya.

Tapi sekarang tuh pengecualian, minat ngelakuin sesuatu yang disenangi nguap engga tau kemana. Seo Wo Jin di drama Dr.Romantic 3 jadi engga menarik lagi buat ditonton, playlist YouTube music yang baru-baru ini diperbarui malah berdebu karena engga juga diputar.

Walhasil, engga ngelakuin apa-apa tapi kok ya rasanya capekkkk anedd. Sedikitnya saya paham sih, situasi begini kudu dicari jalan keluarnya biar engga berlarut, amat sangat mengganggu aktivitas soalnya.

Hal yang pertama terpikir di kepala adalah, saya kudu nyari aktivitas yang bisa balikin mood. Lalu tetiba kepikiran ngegambar.

Iya, saya punya seperangkat alat lukis yang dari pertama kali beli baru disentuh sesekali. Walaupun bukan seniman, cukup interested lah ya dengan dunia lukis. Senang liat hasil karya orang dan nontonin orang bikin karya, tapi pas nyobain sendiri, ya amburadul lah 🤣. Tapi kan sekali lagi, bukan cuma seniman aja yang boleh gambar.

Hampir setengah hari di weekend kemarin, saya habiskan buat orat-aret engga jelas, campur warna sana sini. Senang lohh, saya jadi engga punya waktu buat mikirin hal-hal yang bikin capek kemarin itu.

Hasil berselancar di beberapa artikelnya tentang gambar menggambar ini (tetep ya, kita kudu nyari validasi buat memastikan apa yang dikerjain berguna apa engga), menggambar / melukis memang jadi sarana terapi yang cukup ampuh dan digemari buat mengurangi stres.

Menurut  Journal of the American Art Therapy Association yang di publish 2016 lalu, 45 menit melakukan terapi seni dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol pada orang dewasa. Ini tuh efek dari pas lagi ngegambar, biasanya otak dan pikiran fokus dengan apa yang dilakuin, jadi engga ada celah buat kepikiran hal-hal negatif.

Kamu yang lagi terjebak dikondisi begini, boleh coba cara ini juga, loh. Ikhtiar aja, soalnya kesehatan mental engga kalah nyebelin dampaknya buat kelancaran aktivitas sehari-hari.

Rekomendasi alat-alat lukis yang bisa dibeli buat kamu yang baru mau nyoba melukis. Yang affordable dulu aja ya.

  1. Deli solid set watercolor paint

Ini tuh satu set sama kuas, pensil, penghapus, dan kertas lukis ukuran A5. Catnya standar, dan cukup mudah diaplikasikan. Cocok buat kamu yang baru mulai coba,

Beli di sini : Lazada | Shopee

2. Set Kuas V-Tec

Beli di sini : Lazada | Shopee

3. Watercolor Painting Paper

Buat pemula, sebelum melukis di kanvas, bisa nyobain dulu pake kertas khsus cat air, lebih mudah dan lebih murah.

Beli di sini : Lazada | Shopee

4. Kanvas

Beli di sini : Lazada | Shopee

Tinggalkan komentar