Review Karya (Buku Fisik dan Digital)

(Icip Buku) Franz Kafka

Judul buku : The Complete Short Stories Volume II
Penulis : Franz Kafka
Penerjemah : An Ismanto
Penyunting : Tia Setiadi
Penerbit : Diva Press

Kumpulan cerita pendeknya Franz Kafka yang dengan baiknya diterjemahkan dan di kuratori oleh Mas An dan mbak Tia.

Ini karya Franz Kafka pertama yang saya baca, setelah sedari dulu namanya sering saya dengar kalo lagi berbincang bincang dengan teteh-teteh FLP dulu. Dibeli beberapa tahun lalu, pas Livana main main ke Bandung. Iya, memang baru dibaca.

Ada sekitar 14 cerita, yang sesemuanya bisa disimpulkan dengan satu kata; humanis.

Cerita berjudul ‘Juru Kunci Makam’, yang sangat amat tepat ditempatkan di awal. Sekelumit percakapan antara Pangeran dan Juru Kunci makam, yang bikin penasaran setengah mampus, apa pula yang bakalan diobrolin dua orang beda kasta ini? yang ternyata bergosip cerdas tentang seseorang bernama Duke Friedrich.

Cerita cerita Kafka, dibaca oleh orang kayak saya yang otaknya seuprit ini engga bisa dibaca sekali. Sepanjang membaca, engga fokus sama jalan cerita, melainkan dengan gaya kepenulisan yang unik. Saya jatuh cinta banget dengan bagaimana Kafka mendeskripsikan sesuatu dengan amat rinci, sampai-sampai alih alih jalan cerita, di otakku malah tergambar apa apa saja yang ia jelaskan.

Baca buku ini, kudu hati-hati. Kalau kamu baca ngebut, kamu engga bakalan ngeh sama poin poin yang Kafka sampaikan disetiap cerita.

Kalau kamu bingung baca buku apa setelah buku-bukumu yang nongki di rak itu habis dibaca, bisa cicip buku ini juga.

Tinggalkan komentar